Be Smart On the Internet

Thursday, March 12, 2020

Artikel Pengaruh Budaya Barat Terhadap Dunia Pendidikan

Ingin mendapatkan file Ms. Word nya ?
Silahkan Klik link ini --> Artikel Pengaruh Budaya Barat 

PENGARUH KEBUDAYAAN BARAT TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA
KARYA ILMIAH
Disusun untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas  XI IPS 1
Tahun Pelajaran 2019/2020



Penyusun : Kelompok 1
1.      Della Tasya
2.      Desvitha Fitriani
3.      Meiliana D.
4.      Rima Aprilia

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 2 PEMALANG
Jl. Jend. Sudirman No.14 Taman-Pemalang Telp. 0284-321452 Fax
Email : info@sman2pemalang.sch.id

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita haturkan atas kehadiran Allah swt atas segala rahmat dan karuniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “PENGARUH BUDAYA BARAT TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN.”
                 Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dn saran sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini.
                Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini balum sempurna dan masih banyak kekurangan oleh karena itu kami berharap kritik dan saran yang membangun guna kesempurnan kaya ilmiah ini menjadi lebih baik.
                Akhirnya kami telah menyelesaikan karya ilmiah ini, kami berharap semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagi saya secara pribadi dan bagi yang membutuhkannya.



                                                                                                            Pemalang, 5 Maret 2020



                                                                                                                          Penulis



ABSTRAK  (GARIS BESAR)

           Pada umumnya kebudayaan asing relatif berkembang pesat di indonesia. hal itu karena , mereka semua banyak dan menginginkan suatu hal teknologi yang lebih canggih di era Globalisasi ini. Tidak hanya teknologi banyak juga faktor yang mempercepat berkembangnya kebudayaan barat diindonesia seperti halnya modal pakaian,aneka ragam makanan dan banyak lagi .
          Dampak yang ditimbulkan dari budaya barat ada yang bersifat positif dan negatif. Jika kebudayaan barat yang bersifat negatif memasuki sendi sendi kehidupan bangsa , terutama para generasi muda tanpa diimbangi upaya pelestariaan nilai nilai budaya bangsa dikawatirkan indonesia akan kehilangan jati diri sebagai bangsa yang asli .







PEMBIMBING
Karya ilmiah yang berjudul “PENGARUH KEBUDAYAAN BARAT TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA”
Telah disetujui oleh pembimbing pada tanggal 5,maret 2020

Pemalang,5 maret 2020
Pembimbing




SRINARWATI





PENGARUH KEBUDAYAAN BARAT TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA

I . LATAR BELAKANG
      A.    Pendahuluan
Cara penghidupan suatu bangsa sangat erat hubungannya dengan tingkat pendidikannya. Pendidikan bukan hanya sekedar mengawetkan kebudayaan dan meneruskannya dari generasi ke generasi, akan tetapi juga diharapkan dapat mengubah dan mengembangkan pengetahuan.
pendidikan harus berusaha supaya pembawaan yang baik dapat berkembang semaksimal mungkin, dan pembawaan yang buruk supaya ditekan dan direm, sehingga tidak dapat tumbuh.
Lingkungan besar sekali pengaruhnya terhadap pembentukan kebiasaan yang khusus, sifat-sifat kepribadian, (seperti jujur, gembira, dapat dipercaya), kepercayaan nilai dan sikap. Yang dimaksud dengan lingkungan adalah semua pengaruh dari luar seperti rumah tangga, sekolah, masyarakat, keadaan ekonomi, hal melepas lelah, tempat beribadah, tempat tinggal di desa atau di kota, dan lain sebagainya.
Dalam tatanan kehidupan yang telah mengalami kemajuan dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang informasi, tidak menutup kemungkinan bahwa pengaruh luar dalam proses pendidikan tidak hanya sebatas pada adat istiadat dan budaya masyarakat di mana proses pendidikan berjalan. Akan tetapi, budaya luar dalam hal ini budaya asing (baca; Barat) akan mempengaruhi pendidikan di negara kita.
      B.     Rumusan masalah
1.      Mengapa budaya barat dapat dengan mudah masuk ke dunia pendidikan?
2.      Melalui media apakah budaya barat masuk ke dunia pendidikan?
3.      Apa dampak positif dan negatif masuknya budaya barat tersebut bagi masyarakat ?
4.      Apa yang harus kita lakukan agar kita tidak terpengaruh budaya barat yang bertentangan dengan nilai-nilai budaya kita.
      C.     Tujuan
1.      Memberikan informasi kepada para remaja, tentang dampak masuknya kebudayaan Asing di Indonesia.
2.      Menyadarkan para remaja akan bahaya yang mengancam negri kita dari dalam maupun luar.
3.      Mengetahui cara penanggulangan dari masalah krisis budaya
4.      Memberikan gambaran kepada para remaja tentang pengaruh masuknya kebudayaan Asing di Indonesia.

II. PEMBAHASAN
      A.    Pengertian Budaya Barat
Budaya Barat (kadang-kadang disamakan dengan peradaban Barat atau peradaban Eropa), mengacu pada budaya yang berasal dari Eropa.
Istilah "budaya Barat" digunakan sangat luas untuk merujuk pada warisan norma-norma sosial, nilai-nilai etika, adat istiadat, keyakinan agama, sistem politik, artefak budaya khusus, serta teknologi. Secara spesifik, istilah budaya Barat dapat ditujukan terhadap:
Pengaruh budaya Klasik dan Renaisans Yunani-Romawi dalam hal seni, filsafat, sastra, dan tema hukum dan tradisi, dampak sosial budaya dari periode migrasi dan warisan budaya Keltik, Jermanik, Romanik, Slavik, dan kelompok etnis lainnya, serta dalam hal tradisi rasionalisme dalam berbagai bidang kehidupan yang dikembangkan oleh filosofi Helenistik, skolastisisme, humanisme, revolusi ilmiah dan pencerahan, dan termasuk pula pemikiran politik, argumen rasional umum yang mendukung kebebasan berpikir, hak asasi manusia, kesetaraan dan nilai-nilai demokrasi yang menentang irasionalitas dan teokrasi.
Pengaruh budaya Alkitab-Kristiani dalam hal pemikiran rohani, adat dan dalam tradisi etika atau moral, selama masa Pasca Klasik.
Pengaruh budaya Eropa Barat dalam hal seni, musik, cerita rakyat, etika dan tradisi lisan, dengan tema-tema yang dikembangkan lebih lanjut selama masa Romantisisme.
Konsep budaya Barat umumnya terkait dengan definisi klasik dari Dunia Barat. Dalam definisi ini, kebudayaan Barat adalah himpunan sastra, sains, politik, serta prinsip-prinsip artistik dan filosofi yang membedakannya dari peradaban lain. Sebagian besar rangkaian tradisi dan pengetahuan tersebut umumnya telah dikumpulkan dalam kanon Barat.[1] Istilah ini juga telah dihubungkan dengan negara-negara yang sejarahnya amat dipengaruhi oleh imigrasi atau kolonisasi orang-orang Eropa, misalnya seperti negara-negara di benua Amerika dan Australasia, dan tidak terbatas hanya oleh imigran dari Eropa Barat. Eropa Tengah juga dianggap sebagai penyumbang unsur-unsur asli dari kebudayaan Barat.[2][3]
B9eberapa kecenderungan yang dianggap mendefinisikan masyarakat Barat modern, antara lain dengan adanya pluralisme politik, berbagai subkultur atau budaya tandingan penting (seperti gerakan-gerakan Zaman Baru), serta peningkatan sinkretisme budaya sebagai akibat dari globalisasi dan migrasi manusia.
   
      B.     Pengertian Pendidikan
Pada dasarnya pengertian pendidikan ( UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 ) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Menurut kamus Bahasa Indonesia Kata pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentang kpengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Menurut UU No. 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
Sedangkan pengertian pendidikan menurut H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
Dari beberapa pengertian pendidikan menurut ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.
  
       C.     Faktor Faktor Penyebab Masuknya Budaya Barat
1.      Kurangnya penjagaan yang ketat di wilayah indonesia
2.      Penyalahgunaan teknologi
3.      Bersikap kritis dan teliti
4.      Lifestlye yang berkiblat pada barat
5.      Perluas ilmu pengetahuan
       D.    Dampak Negatif Dan Positif Masuknya Budaya Barat Bagi Masyarakat
      Adapun dampak negatif lain yang timbul karena budaya barat adalah sebagai berikut:
1.      Masuknya paham-paham barat yang dapat merusak moral bangsa
2.      Lunturnya jiwa nasional bangsa
3.      Kesenjangan sosial
4.      Sikap individualistik
5.      Melunturkan semangat cinta akan bangsa dan budaya sendiri
6.      Gaya hidup yang bersifat konsumtif
7.      Mencari segala sesuatu yang instan
8.      Budaya barat yang dikenal dengan konsep liberalisme yang mengakibatkan munculnya sex bebas pornografi dll
Adapun dampak positifnya dari budaya barat adalah sebagai berikut:
1.      Dapat menguasai IPTEK
2.      Perubahan tata nilai dan sikap
3.      Berkembangnya ilmu
4.      Pengetahuan dan teknologi
5.      Terjadinya akulturasi budaya sehingga tidak mengalami kebosanan budaya karena masyarakat selalu menginginkan hal-hal yang baru
6.      Penggunaan bahasa-bahasa lain dalam komunikasi,dalam meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan
7.      Dapat mengikuti mode pakaian dan gaya hidup yang sedang populer
8.      Munculnya  ide-ide baru yang dapat membantu kemajuan IPTEK
        E.     Cara Mengatasi Dampak Negatif Masuknya Budaya Barat
1.      Menyeleksi dan menyaring nilai-nilai budaya asing
2.      Memelihara dan mengembangkan kebudayaan nasional
3.      Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
4.      Bersikap teliyi dan kritis
5.      Memperluas ilmu pengetahuan
6.   Menyesuaikan dengan norma yang ada

III. PENUTUP
       A.    Kesimpulan
            Berdasarkan penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh kebudayaan barat turut dalam perkembangan didunia pendidikan. Pengaruh budaya barat berpengaruh terhadap pembangunan indonesia dampak masuknya budaya barat dapat menimbulkan dampak positif 9dan negatif. Dampak positifnya yaitu cara berfikir kritis, rasional, menghargai waktu. Sedangkan dampak negatifnya dapat menimbulkan berbagai masalah sosial diantaranya kesenjangan sosial ekonomi, kerusakan lingkungan hidup, kriminalitas dan kenakalan remaja.
Upaya mengatasi dampak negatif budaya barat terhadap dunia pendidikan diperlukan keterlibatan semua pihak terutama pemerintah, tokoh agama dan budaya, orang tua serta keluarga.
Selain itu kualitas SDM nasinalisme juga harus ditingkatkan, berpegang teguh pada norma norma serta menjunjung nilai nilai budaya bangsa.

       B.     Saran saran
Sebagai generasi muda hendaknya berperilaku yang selektif terhadap pengaruh Globalisasi sesuai dengan nilai nilai yang ada. Dan jangan lupa memiliki semangat nasionalisme yang tangguh seperti mencintai produk dalam negeri.





DAFTAR PSUTAKA
Gunanti,della tasya .2020.pengaruh budaya barat terhadap dunia pendidikan.pemalang:mantapdua              
Buku
Fitriani,desvitha.2020.pengaruh budaya barat terhadap dunia pendidikan.pemalang:pelangi cinta      
    production                                        
Deviyanti,meiliana.2020.pengaruh budaya barat terhadap dunia pendidikan.pemalang: mtb pustaka
Aprilia,rima,2020.pengaruh budaya barat terhadap dunia pendidikan.pemalang: media apa aja bisa 

No comments:

Post a Comment