Be Smart On the Internet

Thursday, March 12, 2020

Laporan Studi Edukasi SMP ke Malang Jawa Timur

Ingin mendapatkan file Ms. Word nya ?
Silahkan Klik link ini --> Laporan Studi Edukasi
LAPORAN STUDI EDUKASI KE JAWA TIMUR
TAHUN 2019-2020


DISUSUN OLEH      :
Nama                      : Nova Shakila Fitri
Kelas                      : VIII  C
No. NIS                  : 7581






SMP NEGERI 7 PEMALANG
Jl. Pemuda No. 32 Pemalang Jawa Tengah 52313
TAHUN PELAJARAN 2019/2020


LAPORAN PENGESAHAN
 Laporan karya wisata ini disusun guna memenuhi tugas bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020, telah disetujui dan disahkan pada :
Nama                                       : Nova Shakila Fitri
NIS                                          : 7581
Sekolah                                   : SMP N 7 PEMALANG
Tempat                                    : Jawa Timur
Tanggal                                   : 1 – 3 Desember 2019           

Isi Laporan Perjalanan            :  - Museum Angkot
                                                    - Taman Selecta
                                                    - Jatim Park
                       
                                                                                                Pemalang,     Januari 2020
                                                                                                            Penulis,
                                                                                                     

                                                                                                     Nova Shakila Fitri
         NIS. 7581

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 7 Pemalang




Dra, Siti Komariah, M.Pd
NIP. 19676412 199802 2 002
Pembimbing Sekolah




 Siti Mujihati.
         NIP. 19661012 199203 2 006          




KATA PENGANTAR


Puja dan puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-NYA, Sehingga saya  dapat menyelesaikan “Laporan Studi Edukasi Ke Jawa Timur “ dengan lancar dan sebaik-baiknya.
   Dalam penyusunan laporan karya wisata ini, tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Ibu Dra.Siti Komariah, M.Pd Selaku selaku Pembina dan Kepala SMP Negeri 7 Pemalang yang penuh ketulusan dan kesadaran memberi dorongan dan saran yang berharga sehingga selesainya laporan ini.
2.      Ibu Sri Mujiharti selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu untuk ikut membimbing dan berpartisipasi dalam penyusunan laporan ini.
3.      Bapak Asih Nurhayati, M.Pd selaku wali kelas yang membantu dan memotivasi kami.
4.   Semua pihak yang tidak mungkin disebutkan satu per satu yang telah membantu penyusunan laporan ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mohon maaf jika masih banyak kekurangan pada laporan yang kami buat ini. Namun besar harapan laporan ini akan memberi dampak positif bagi para pembaca.

Penulis menyadari bahwa laporan ini kurang sempurna, kritik dan saran yang bersifat membangun dalam rangka kesempurnaan penyusunan laporan ini semoga dapat memberi manfaat kepada para pembaca khususnya siswa-siswi SMP Negeri 7 Pemalang.



Pemalang, 31 Desember 2019



               Penulis


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................................... 1
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................................   2
KATA PENGANTAR.........................................................................................................   3
DAFTAR ISI.......................................................................................................................   4
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................................   5
1.1.   LATAR BELAKANG...........................................................................................   5
1.2.   TUJUAN................................................................................................................   5
1.3.   MANFAAT............................................................................................................   5
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................................   6
2.1.   WAKTU PELAKSANAAN..................................................................................   6
2.2.   OBJEK WISATA YANG DIKUNJUNGI.............................................................   6
1. Museum Angkot..................................................................................................   6
2. Selecta..................................................................................................................   8
3. Jatim Park 1.........................................................................................................   9
BAB III PENUTUP.............................................................................................................   11
3.1.   KESIMPULAN, SARAN dan KRITIK.................................................................   11
3.2.   LAMPIRAN...........................................................................................................   13


                                                                                                                              


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Study Edukasi adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan siswa serta menambah pengalaman. Setelah study edukasi kami laksanakan, siswa diwajibkan untuk membuat laporan. Laporan adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan.
Laporan perjalanan ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas VIII SMP 7 Pemalang. Dalam penyusunan Laporan Perjalanan Study Edukasi ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan study edukasi selama 3 hari (Dari tanggal 01 - 03 Desember 2019).
Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti study edukasi ke Jawa Timur diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam laporan ini akan membahas tentang beberapa objek wisata yang berada di Jawa Timur dan sekitarnya.

1.2 Tujuan
Tujuan yang hendak kami capai dalam pembuatan laporan perjalanan ini serta dalam pelaksanaan study tour adalah sebagai berikut:
1.      Menyelesaikan laporan Study Edukasi ke Jawa timur.
2.      Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bagi siswa-siswi.

1.3  Manfaat
1.    Untuk mengembangkan potensi, etika, estetika, dan pratika.
2.    Untuk memupuk rasa cinta kita terhadap tanah air.
3.    Mensyukuri Keindahan Alam yang ada.
4.    Dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita sendiri.
5.    Bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai seputar objek wisata di Jawa Timur.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Jadwal dan Tempat Kegiatan
Pada hari Minggu tanggal 01 Desember 2019 pada pukul 06.00 WIB, siswa-siswi SMP Negeri 7 Pemalang kelas VIII berkumpul di depan SMP Negeri 7 Pemalang untuk persiapan keberangkatan menuju ke tempat wisata dalam rangka Study Edukasi. Sebelum berangkat kami semua diberi makanan ringan dan topi dari pihak Study Edukasi , kemudian  kami diberi pengarahan oleh Bapak Dian Nurcahyo, M.Pd , selaku Pembina dan wali kelas VIII B. Setelah menerima pengarahan tepatnya pada pukul 07.00 WIB kami semua berangkat meninggalkan sekolah untuk menuju ke Jawa Timur.

2.2. Alur dan Objek Kegiatan Yang Dikunjungi
Di perjalanan, kami semua juga mendapat pengarahan dari pihak Study Edukasi. Beberapa saat kemudian, kami semua berhenti di Rumah Makan, untuk mengisi perut kami yang lapar. Setelah kami selesai makan, kami semua melanjutkan perjalanan menuju Jawa Timur. Di perjalanan menuju Jawa Timur, kami semua tidur untuk mengumpulkan energi dalam menjalankan aktivitas berikutnya.
Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, kami pun sampai di tempat tujuan objek wisata. Di sana kami bisa beristirahat sejenak dan membersihkan badan. Setelah itu, kami sarapan bersama dengan teman-teman lainnya. Kemudian kami, diberi waktu untuk berkeliling dan melihat-lihat lingkungan sekitar, kami pun sempat berfoto bersama teman-teman. Setelah itu, kami munuju objek yang sudah ditentukan.
      1.      MUSEUM ANGKOT
Setibanya di sana Objek pertama yang kami kunjungi adalah Museum Angkot yaitu pada tanggal 1 Desember 2019. Perjalanan menuju Museum Angkot mungkin hanya 5 menit.  Disana kami dapat melihat banyak kendaraan yang unik dan antik.
Bagi masyarakat Jawa Timur, Malang adalah salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit karena kondisi alamnya yang sejuk khas daerah pegunungan. Jika pada zaman dulu Malang terkenal sebagai tempat wisata agro dan wisata alam, sekarang ini tempat wisata di Malang telah berkembang dan bertambah dengan banyak tujuan wisata modern. Museum angkut adalah salah satu tempat wisata modern yang ada di Malang dengan luas sekira 3,8 hektar di lereng gunung Panderman. Bertempat di jalan Terusan Sultan Agung Atas no.2, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Malang.
      ·  Sejarah Museum Angkut
Museum angkut yang berdiri pada 9 Maret 2014 dibangun dan dikelola oleh Jawa Timur Park Grup yang sebelumnya telah membangun Batu Secret Zoo, Jatim Park I dan II, juga Batu Night Spectacular, Eco Green Park dan Museum Satwa. Tujuan pembangunan museum ini adalah untuk menyediakan informasi mengenai sejarah kendaraan di dunia, agar dapat  mengenali dan menghargai sejarah masa lalu serta memetik pelajaran darinya. Pengunjung yang datang dapat berekreasi sekaligus mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai jenis kendaraan angkutan yang ada di seluruh dunia.
·      Pembangunan Museum Angkut
Tidak hanya bisa melihat koleksi berbagai alat transportasi dari seluruh dunia, namun pengunjung juga dapat melihat berbagai replika bangunan landmark yang khas dari berbagai negara yang menjadi latar belakang dari display kendaraan yang diproduksi suatu negara tersebut.  Museum angkut terbagi menjadi beberapa zona, yaitu:
v  Zona Hall Utama – Ini adalah zona yang akan Anda temui ketika pertama kali masuk ke dalam ruangan Museum Angkut, berada tepat setelah melewati pintu masuk berupa aula utama yang berkesan mewah dan memuat berbagai koleksi kendaraan yang populer dari berbagai zaman di seluruh dunia. Apabila Anda tertarik kepada wisata sejarah, simak juga mengenai sejarah museum acehsejarah museum biologi, dan sejarah museum asia afrika di bandung.
v  Zona Edukasi – Area ini menitik beratkan kepada pameran alat – alat angkut yang memiliki nilai sejarah dari Indonesia dan luar negeri dan merupakan representasi visi dan misi Jatim Park Grup sebagai pengelolanya. Zona seluas 900 meter persegi ini akan menjadi area yang sangat menarik bagi para penggemar otomotif. Salah satu kendaraan favorit di lokasi ini adalah mobil Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno.
v  Zona Sunda – Zona ini bernuansa Batavia tempo dulu berupa pelabuhan terbesar di masa kolonial Belanda yang didominasi penampakan para penduduk Belanda. Landmark yang ada disini adalah replika Menara Syahbandar dan berbagai tipe angkutan yang ada pada zaman Belanda tersebut yang ada pada masa kolonial Eropa di Indonesia dan masa penjajahan Belanda di Indonesia.
Adapun dalam sejarah museum angkut lengkap ini, koleksi yang ada didalamnya berupa sarana transportasi lokal yang asli dari Indonesia seperti becak, pedati, dokar, dan lainnya, juga sarana transportasi impor, original, replika atau modifikasi, mini, foto – foto, spare part kendaraan yang lama, dan lain sebagainya. Bahkan ada helikopter yang pertama kali menjadi milik pemerintah Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soekarno yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat.
Museum Angkut beroperasi dari mulai pukul 12.00 siang sampai dengan pukul 20.00 WIB, dengan harga tiket di hari biasa sebesar  60.000 rupiah dan akhir pekan atau hari besar dan musim liburan sebesar 80.000 rupiah. Harga tiket sedemikian mungkin akan terlihat mahal, namun hal itu sejalan dengan biaya pemeliharaan aset – aset di museum yang lumayan tinggi. Pengunjung juga harus membayar sebesar 30.000 rupiah tambahan jika membawa kamera. Selain melihat berbagai koleksi alat transportasi dalam sejarah museum angkut lengkap, pengunjung juga dapat mengadakan berbagai acara baik untuk keperluan perusahaan atau organisasi. Selain acara gathering, ada juga pilihan untuk wisata edukasi sekolah, melakukan kegiatan sesi foto, video shooting, film, acara musik, pertunjukan mode, dan lain sebagainya melalui kerjasama dengan pihak pengelola museum.
      2.      TAMAN SELECTA
Setelah mengunjungi Museum Angkot kami pun melanjutkan perjalanan menuju Selecta yang masih berada di Jawa Timur. Taman rekreasi Selecta merupakan salah satu objek wisata faforit di kota Batu yang sudah ada jauh sebelum munculnya tempat rekreasi sepeti Jatim Park, Museum Angkut dan tempat wisata terkenal lainnya. Meskipun sudah cukup berumur, tapi tempat ini masih cukup baik untuk dijadikan salah satu destinasi wisata anda di kota Batu. Selain taman bunga yang tertata cukup cantik, kita juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata lainnya seperti flyingfox, waterboom dan fasilitas lainnya yang menarik untuk dicoba. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat pengunjung dapat dengan leluasa menikmati pemandangan gunung arjuna, gunung Paderman dan Burisan bukit lainnya.

  1. JATIM PARK 1

· Profil Jawa Timur Park 1

Jatim Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur tepatnya berada di Jalan Kartika No. 2 Kota Batu.  Obyek wisata ini berada sekitar 20 km barat Kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Obyek wisata ini memiliki 36 wahana, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah Volcano dan Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.

· Letak Jawa Timur Park 1

Wisata Jawa Timur Prak yang dulunya di kelola oleh Kabupaten Malang,  setelah era otonomi daerah batu menjadi kota yang administratif yang mandiri ini berdiri diatas tanah seluas ± 11 hektar yang berlokasi di lereng bagian timur gunung Panderman Kota Batudengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut, menyajikan keindahan panorama dan kesejukan bagi pengunjung yang menjadi background Jawa Timur Prak di Kota Wisatan Batu.

·  Fasilitas – fasilitas Jawa Timur Park 1

 Beberapa fasilitas yang ada di Jatim Park 1 adalah Tempat Parkir yang memadai seluas ± 1 hektar, Nursery Room, fasilitas jalan bagi pengunjung yang menggunakan kursi roda dan kereta bayi, free untuk peminjaman kursi roda, tempat istirahat untuk bayi dan ibu menyusui yang dilengkapi pula, microwave, dispenser dan tempat ganti popok, toilet di 14 titik Lokasi dengan total 60 kamar, outlet makanan & minuman, studio Foto, pasar Wisata, musholla, klinik. Pada tahun 2012 ini Jatim Park 1 menambah beberapa wahana berupa Midi Skater, Airbone Shoot, Robin Hood 3D, dan Pendulum yang semakin menambah keceriaan dan memberikan hiburan terdahsyat dan terlengkap bagi keluarga Anda. Dengan suguhan (One Stop Service) Jawa Timur Park 1 menyambut kedatangan anda mulai 08.30 – 16.00 WIB stiap harinya.

Berbagai Fasilitas – fasilitas di Jawa Timur Park 1 anatar lain :
v  Taman reptil
v  Remote car
v  Aminal diorama
v  Taman ikan
v  Rumah pipa
v  Rumah hantu
v  Spinning coaster
v  Jet coaster
v  Colombus
v  Drop zone
v  Ø  Bumper car
v  Mini train
v  Volcano show
v  Taman burung
v  Mini bumper car
v  Mary 60 raund
v  Mini jet
v  Adverture zone
v  Galeri nusantara
v  Pasar seni
v  Galeri belajar
v  Perahu dayang
v  Taman argo
v  Miniature candi
v  Amehiteater
v  Insectariums & Dosil
v  Games Room
v  Baby Zoo
v  Adegan Sejarah
v  Playground
v  Wall climbing
v  Taman sesat
v  Kolom renang anak
v  Water boom
v  Galeri foto
v  Rumah budaya
 
BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN, SARAN, DAN KRITIK
Kesimpulan
1.      Taman rekreasi Selecta merupakan salah satu objek wisata faforit di kota Batu yang sudah ada jauh sebelum munculnya tempat rekreasi sepeti Jatim Park, Museum Angkut dan tempat wisata terkenal lainnya. Meskipun sudah cukup berumur, tapi tempat ini masih cukup baik untuk dijadikan salah satu destinasi wisata anda di kota Batu. Selain taman bunga yang tertata cukup cantik, kita juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata lainnya seperti flyingfox, waterboom dan fasilitas lainnya yang menarik untuk dicoba. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat pengunjung dapat dengan leluasa menikmati pemandangan gunung arjuna, gunung Paderman dan Burisan bukit lainnya.
2.      Museum Angkot belum ada tandingannya karena memiliki beragam koleksi sarana transportasi yang lengkap dari seluruh dunia. Sebagian koleksi di museum ini bahkan berupa mobil dan motor yang sangat langka. Museum ini menjadi salah satu objek wisata pertama di Indonesia dan bahkan Asia yang mempunyai koleksi lebih dari 300 unit mobil antik, kuno dan modern, baik yang sudah dijalankan dengan mesin dan yang belum memiliki mesin. Konon jutaan orang telah mengunjungi museum  yang menjadi kebanggaan Indonesia di kancah internasional ini setiap musim liburan.

3.      Jatim Park 1 Malang merupakan salah satu wahana rekreasi keluarga yang terletak di lereng bagian timur gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 MDPL, sehingga tidak saja menawarkan rekreasi yang mengasyikan namun juga hawa yang sejuk dan panorama yang indah. Selain untuk media rekreasi, Jatim Park 1 juga mengusung konsep edukasi dengan dilengkapi wahana Galeri Belajar bersama Science Stadium.




Saran
Studi Edukasi yang kemarin siswa-siswi kelas VIII SMP N 7 Pemalang ikuti sebagai sarana pembelajaran siswa di luar sekolah dan untuk refreshing. Selain itu Kegiatan tersebut juga berguna untuk menambah wawasan peserta didik . Disana Kami lebih tahu , betapa indahnya Alam Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa . Dari situlah kami ingin meninggalkan beberapa saran yakni:
1.      Untuk yang Bertugas Sebagai Pihak akomodasi harap menjaga bus kita agar terhindar dari pencurian dan keadaan yang tidak memungkinkan.
2.      Untuk pihak Pengelola tempat wisata agar menurunkan harga semua barang yang dijual , karena harga itu tidak terjangkau untuk pelajar seperti kita .
3.      Guru pendamping seyogyanya lebih mengawasi siswa-siswinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
4.      Waktu yang diberikan pada tiap tempat harap lebih diperlama lagi agar siswa dapat lebih puas berkeliling objek.

Kritik
Pelaksanaan cukup baik namun masih kurang teratur baik di pihak penyelenggara maupun peserta.


3.2 Lampiran

  
MUSEUM ANGKOT

    
TAMAN SELECTA


JATIM PARK  I


No comments:

Post a Comment