Be Smart On the Internet

Thursday, March 12, 2020

Artikel Bernyanyi Unisono

Ingin mendapatkan file Ms. Word nya ?
Silahkan Klik link ini --> Artikel Bernyanyi Unisono

BERNYANYI UNISONO

    A.    PENGERTIAN BERNYANYI UNISONO
Uni adalah satu sedangkan sono adalah suara. Jadi secara singkat arti kata unisono adalah satu suara.
Pengertian unisono secara lengkap adalah teknik bernyanyi dimana satu suara atau satu nada dinyanyikan oleh banyak orang.
Pengertian unisono dalam bernyanyi adalah memainkan nada dalam satu suara. Contohnya dalam paduan suara yang terdapat jenis suara tenor, sopran, alto dan bas jika pada notasi lagu ketemu dengan tanda unisono maka semua suara itu melebur menjadi satu atau dinyanyikan secara bersama-sama.
Sedangkan pengertian unisono paduan suara acapela adalah paduan suata yang menggunakan satu jenis suara saja. Contohnya suara wanita atau suara pria saja.

     B.     PENJIWAAN ATAU EKPRESI BERNYANYI
Agar dapat menjiwai sebuah lagu maka harus mampu merasakan perasaan pencipta lagu dengan memahami, lirik, tempo, dinamik ritme dan unsur - unsur keindahan yang terdapat pada lagu. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar mampu menjiwai lagu yang dinyanyikan, diantaranya:
·  Ritme atau Irama
Ritmos dalam bahasa Yunani berarti mengalir dan dalam bahasa Indonesia setara dengan irama atau alunan sebuah musik, seperti aliran sungai ada saat deras, tenang dan berhenti, naik turun dan sebagainya. Pendapat Ahli Plato dan John Dewey bahwa ritme terdapat:
ü  . Pergerakan mengalir dan selalu ada perubahan
ü  . Keteraturan yang dalam lagu ditentukan dengan pemilihan birama.
·  Birama
Birama dibentuk dengan pengelompokan ketukan dan menjadi unit - unit hitungan. Ketukan yang terdapat pada birama ada yang bertekanan (tesis) dan tidak bertekanan (arsis). Birama yang terdapat dalam musik yang dikenal, antara lain:
ü  . Birama  2/4
ü  . Birama 3/4
ü  . Birama 4/4
ü  . Birama 6/8

       C.    SIKAP BADAN
Sikap Dalam Bernyanyi
Sikap badan berdiri adalah sikap paling baik untuk bernyanyi:
#} badan lurus tegap tidak bungkuk
#} bahu jangan terangkat ke atas
#} kepala agak ditarik ke belakang, jangan menunduk, jangan juga tengadah ke atas
#} kaki kiri sedikit maju ke depan untuk menjaga keseimbangan
#} badan tidak kaku dan tegang melainkan tegap kuat tapi rileks

Sikap badan duduk merupakan alternatif sikap bernyanyi untuk intepretasi khusus:

#} tubuh tegak dan kepala posisinya sama dengan waktu berdiri
#} punggung lurus
#} kaki kiri maju sedikit ke depan
#} otot perut tegap dan kuat
#} tangan rileks pada paha
#} pandangan fokus
  
      D.    TEKNIK PERNAPASAN
Pernapasan dalam seni vocal memiliki teknik tersendiri yang terbagi menjadi beberapa bagian utama dalam bernyanyi, teknik pernapasan dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu :
a. Pernapasan Dada
Pendek dan tidak cocok digunakan dalam seni vocal. Pada pernapasan dada, bagian tubuh yang mengembang adalah dada, jenis pernapasan ini biasanya dilakukan untuk menghasilkan nada-nada rendah, namun kelemahannya adalah si penyanyi akan mudah atau cepat kehabisan nafas maka dari itu teknik ini kurang baik dalam bernyanyi.

b. Pernapasan Perut
Teknik ini dilakukan dengan cara membuat perut berongga besar sehingga udara luar dapat masuk, cara ini kurang efektif sebab udara dengan cepat dapat keluar sehingga dpat membaut paru-paru menjadi lemah dan cepat letih. Pada pernapasan perut maka bagian yang mengembang adalah perut dan jenis pernapasan ini dapat menghasilkan suara yang sangat keras namun tidak begitu baik digunakan dalam bernyanyi apa lagi untuk mengikuti kompetisi bernyanyi.

c. Pernapasan Diafraqma
Teknik ini paling baik dan cocok untuk digunakan dalam bernyanyi sebab pada saat diafraqma menegang atau lurus maka rongga dada dan rongga perut menjadi longgar, volume menjadi bertambah dan hal tersebut dpat membuat tekanan berkurang sehingga udara dari luar dapat masuk kedalam paru-paru dan napas yang dikeluarkan dapat diatur secara sadar oleh diafraqma dan otot-otot bagian samping kri. Kenapa dikatakan paling cocok sebab teknik pernapasan ini dapat mengambil napas sebanyak-banyaknya dan mengeluarkannya secara perlahan dan teratur. Teknik ini dapat memungkinkan seorang penyanyi untuk menghasilkan suara yang murni dengan nafas yang panjang.
Adapun berlatih vocal dapat dilakukan sembari bernyanyi yaitu dengan melakukan eksplorasi lagu model dengan kata lain lagu yang sudah dikenal dan digunakan untuk mengenal konsep elemen music . lagu model tersebut dinyanyikan dengan mengubah nada dasar secara berturut-turut naik dan turun.



   
        E.     MAKNA DAN ISI LAGU SERTA PATIKER ATAU NOTASINYA
Lirik Lagu merupakan ekspresi seseorang tentang suatu hal yang sudah dilihat, didengar maupun dialaminya. Dalam mengekspresikan pengalamannya, penyair atau pencipta Lagu melakukan permainan kata-kata dan bahasa untuk menciptakan daya tarik dan kekhasan terhadap lirik atau syairnya. Lirik lagu dalam sebuah lagu berfungsi sebagai penjelas lagu yang disampaikan. Melalui lirik inilah sebuah lagu akan terasa lebih mudah menyentuh perasaan seseorang bahkan yang baru mendengarkannya. Pembuatan lirik lagu ini harus menguraikan tema lagu dengan baik, gunakanlah pilihan kata yang sopan namun dapat mewakili perasaan hati kita.
Berikut ini contoh lagu modern secara unisono.

Makna Lagu Bunda
Tuhan menciptakan sebuah keindahan dan sebuah rasa indah untuk manusia agar mereka bersyukur dan berpikir.Keindahan seni dapat diartikan dengan pembuatan hasil karya, entah itu karya musik, tari, patung, maupun lukisan.Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga kita perlu melestarikan bentuk dari keindahan yang telah dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan).

No comments:

Post a Comment