Be Smart On the Internet

Thursday, January 3, 2019

LAPORAN PRAKERIN DINKES PEMALANG

 LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PADA TANGGAL 15 OKTOBER-15 NOVEMBER
DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN PEMALANG
Jl. KH. Samanhudi No. 12 Telp. 321012
PEMALANG

Disusun Oleh :
1.      Diyah Octaviyani              (XI AKL 1)
2.      Mutiara Puspita Dewi       (XI OTKP 2)
3.      Mita Fitri Rohanah            (XI TKJ 2)
4.      Nabila Azizah                   (XI AKL 1)
5.      Sintia Noviani                   (XI OTKP 2)
6.      Windi ArtiApriani             (XI TKJ 1)

SMK PGRI 2 TAMAN
Jln. Dr.Wahidin Sudirohusodo – Taman- Pemalang
Tahun Pelajaran 2018/2019


LEMBAR PENGESAHAN


Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas setelah melaksanakan prakerin.

Laporan ini diserahkan pada :
Hari                 :
Tanggal           :


           Wali kelas                                                           Pembimbing




Frian Yeslia Ardhiansih, S.Pd            .                                   Ismatun Annis, S.Pd.


     Mengetahui,
     Kepala Sekolah                                                      Kepala Program Keahlian



    Drs. Karso M.H                                                      Elwit Triana Wardani S.Pd.







HALAMAN PERSEMBAHAN


Laporan Prakerin ini kami susun menurut data-data yang kami peroleh dengan metode-metode tepat guna dengan maksud agar karya tulis laporan Prakerinini mudah dipahami dan dapat dipertanggung jawabkan. Karya tulis laporan Prakerin ini kami persembahkan kepada :

1. Allah SWT.
2. Orang-orang tercinta kami : Ayah, Ibu, Kakak, Adik, dan keluarga besar yang telah memberikan suntikan motivasi.   
3. Bapak Kepala SMK PGRI 2 TAMAN. 
4. Ibu Elwit Triana, S.Pd. selaku kepala program keahlian Administrasi Perkantoran.
5. Ibu Frian Yeslia, S.Pd. selaku wali kelas XI OTKP 2.


Kami menyadari bahwa laporan Prakerin yang kami buat ini masih jauh dari sempurna sehingga saran dan kritik yang membangun akan selalu akan diharapkan setelah ini sebagai motivasi untuk kami gar lebih baik lagi dikarya tulis selanjutnya.















KATA PENGANTAR


Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayah-NYA, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan  yang berjudul “LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA”. Adapun penulisan laporan ini merupakan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia SMK PGRI 2 Taman yang harus saya selesaikan.

Dalam penyelesaian laporan ini, saya banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan. Namun, dengan bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, maka segala macam kesulitan dapat terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada :
1.    Bapak Drs. H Karso M.H selaku kepala SMK PGRI 2 Taman yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri.
2.    Bapak Drs. Sudiro, S.Pd. selaku Humas di SMK PGRI 2 TAMAN.
3.    Ibu Elwit Triana, S.Pd. selaku Ketua Kaprog Administrasi Perkantoran.
4.    Ibu Frian Yeslia, S.Pd. selaku Guru pembimbing Administrasi Perkantoran.
5.    Pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan, terima kasih atas bantuan dan do’a restu yang diberikan yang berhubungan dengan praktek kerja industri ini.

Saya menyadari bahwa laporan Prakerin ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak yang bersiat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan laporan ini. Saya mohon maaf apabila terjadi banyak kekeliruan dalam penyusunan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi penulis dan pembaca.
Taman,     November 2018

Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................................ i
LEMBAR PENGESAHAN............................................................................................. ii
HALAMAN PERSEMBAHAN..................................................................................... iii
KATA PENGANTAR..................................................................................................... iv
DAFTAR ISI.................................................................................................................... v
BAB I
PENDAHULUAN............................................................................................................ 1
       A.    Latar Belakang....................................................................................................... 1 
       B.     Tujuan Praktek Kerja Industri................................................................................ 2
       C.     Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin...................................................................... 2   
       D.    Sasaran dan Target................................................................................................. 3
       E.     Waktu dan Tempat................................................................................................. 3
       F.      Pengumpulan Data................................................................................................. 4 
       G.    Pengelolaan Data.................................................................................................... 4
       H.    Manfaat Yang Dirasa............................................................................................. 4
        I.       Kewajiban............................................................................................................... 5
BAB II
PEMBAHASAN............................................................................................................... 6
       A.    Deskripsi Kegiatan................................................................................................. 6
      B.     Jadwal Jam Kerja.................................................................................................... 9
BAB III
PENUTUP....................................................................................................................... 10
       A.    Kesimpulan............................................................................................................ 10
       B.     Saran...................................................................................................................... 10














BAB I

PENDAHULUAN
      A.    Latar Belakang
Untuk mewujudkan Pemalang yang sehat, pembangunan kesehatan di Kabupaten Pemalang tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah yang bertanggung jawab menangani urusan kesehatan, tetapi juga harus dilakukan secara bersama-sama melibatkan peran seluruh masyarakat dan pihak swasta. Hal ini sesuai dengan Misi Kedua Kabupaten Pemalang untuk urusan kesehatan yaitu Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, dalam rangka mewujudkan Visi Kabupaten Pemalang yaitu “Terwujudnya Pemalang Hebat Yang Berdaulat, Berjatidiri, Mandiri dan Sejahtera”. Agar proses pembangunan kesehatan berjalan sesuai dengan arah dan tujuan, diperlukan tatanan manajemen yang baik sebagai langkah dasar pengambilan keputusan dan kebijakan di semua tingkat administrasi pelayanan kesehatan. Untuk itu pencatatan dan pelaporan kegiatan pelayanan kesehatan perlu dikelola dengan baik dalam suatu sistem informasi kesehatan. Sistem Informasi Kesehatan (SIK) bertujuan untuk menyediakan data dan informasi kesehatan yang evidence based, akurat, lengkap dan tepat waktu. Untuk itu peran data dan informasi menjadi sangat penting dan makin terasa dibutuhkan dalam manajemen kesehatan. Sekarang ini kebutuhan informasi kesehatan dari hari ke hari semakin meningkat, ditambah masyarakat semakin peduli dengan situasi kesehatan dan hasil pembangunan kesehatan yang dilakukan pemerintah, terutama terhadap masalah-masalah kesehatan yang berkaitan langsung dengan kesehatan mereka, sebab urusan kesehatan itu menyangkut hajat hidup masyarakat luas dan semua orang butuh untuk hidup sehat. Kepedulian masyarakat akan informasi kesehatan memberikan nilai positif bagi pembangunan kesehatan. Hal ini menuntut pihak pengelola program kesehatan untuk dapat menyediakan dan memberikan data dan informasi kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, yang dikemas secara baik, sederhana, informatif dan tepat waktu. Profil kesehatan hanyalah salah satu produk dari Sistem Informasi Kesehatan, yang penyusunan dan penyajianya dibuat sesederhana mungkin namun tetap informatif dan dipakai sebagai alat tolok ukur kinerja pembangunan kesehatan di Kabupaten 2 Profil Kesehatan Kabupaten Pemalang Tahun 2016 Pemalang sekaligus juga sebagai bahan evaluasi program-program kesehatan dalam upaya mewujudkan Pemalang Sehat. Buku Profil Kesehatan edisi tahun ini, penyusunannya mengacu pada buku petunjuk teknis penyusunan profil kesehatan kabupaten/kota terbaru dengan bentuk format tabel data terpilah menurut jenis kelamin. Harapannya Buku Profil Kesehatan ini menjadi buku statistik kesehatan yang memuat berbagai data/informasi mengenai derajat kesehatan, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan dan capaian indikator hasil pembangunan kesehatan di Kabupaten Pemalang selama satu tahun.

      B.     Tujuan Praktek Kerja Industri
1.      Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
2.      Membentuk Pola pikir yang membangun siswa dan siswi prakerin
3.      Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya
4.      Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa – siswi Prakerin
5.      Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa dan siswi prakerin sesuai bidangnya masing masing.
6.      Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari.
7.      Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.

          C.     Tujuan Pembuatn Laporan Prakerin
1.      Sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.
2.      Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian karya tulis.
3.      Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir prakerin tahun pelajaran 2018/2019.
4.      Untuk memenuhi tugas yang diberikan pembimbing produktif.
5.      Untuk melatih kemampuan siswa dalam menulis laporan secara ilmiah.
6.      Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) yang telah dilaksanakan secara tertulis.
7.      Memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja.
8.      Sebagai bukti tertulis bahwa siswa telah melaksanakan pakerin.
9.      Sebagai pedoman untuk pembuatan karya tulis selanjutnya.
10.  Agar siswa mampu memahami, menetapkan dan mengembangkan pelajaran yang di hapus dari sekolah dan menerapkan nya di dunia usaha kerja.
11.  Agar para siswa mampu mempelajari, memahami, memantapkan danmengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah diperolehnya dari sekolah dandapat menerapkannya langsung di lapangan kerja.
12.  Agar siswa mampu mengembangkan dasar-dasar teori yang didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin.
13.  Agar siswa dapat menuangkan pikiran ke dalam tulisan yang dapat diuji keilmiahannya.
14.  Agar siswa mampu mencari alternatif pencerahan masalah kejuruan sesuai dengan program studi yang dipilih dari pelaporan.
15.  Memberikan alternatif pemecahan masalah kejuruan dengan lebih luas dan mendalam.
16.  Untuk menyimpulkan peningkatan wawasan dan pengetahuan siswa angkatan berikutnya.
17.  Untuk menerapkan gambaran yang seharusnya dalam melaksanakan praktek kerja industri sampai dimana pengetahuan atau kemampuan dalam mengikuti praktek kerja.
18.  Untuk menyimpulkan data, guna kepentingan pribadi siswa.
19.  Untuk memantapakan siswa dalam pengembangan atau penerapan pelajaran sekolah dari hasil prakerin.
20.  Untuk  melatih dan mengingatkan keterampilan siswa dalam membuat karya tulis.
21.  Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan siswa tingkat selanjutnya.

D.    Sasaran dan Target
Sasaran pelaksanaan prakerin ini adalah siswa SMK PGRI 2 TAMAN jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan TKJ kelas XI (Sebelas).

E.     Waktu dan Tempat
Prakerin ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober-15 November di Dinas Kesehatan yang bertempat di Jl. KH. Samanhudi 12 Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.



F.      Pengumpulan Data
Data yang diperoleh dikumpulkan dengan Metode sebbagai berikut :
1.      Metode Observasi
Metode observasi ini dilakukan dengan cara mangamati atau menyatat objek hasil pengamatan yang dilakukan di lapangan baik secara langsung maupun tidak langsung.
2.      Metode Interview
Penulis melakukan tanya jawab dengan orang-orang yang berkecimpung dibidang terkait.
3.      Metode Praktikum
Metode praktikum ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan cara terjun langsung ke lapangan dan mempraktekkan langsung pekerjaan yang didapatkan selama kegiatan prakerin.
4.      Metode Kepustakaan
Metode kepustakaan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data berupa tulisan, artikel maupun wacana. Sebagai contoh data artikel yang didapat dari internet dan literature yang berkenaan dengan materi pembuatan laporan yang bertujuan untuk melengkapi informasi di laporan.

G.    Pengelolaan Data
1.      Data dikumpulkan
2.      Data diseleksi
3.      Konsultasi mengenai data yang dipilih sekaligus penentusn judul
4.      Membuat kerangka laporan Praktek Kerja Industri
5.      Mengembangkan keangka laporan praktek kerja industri
6.      Membuat konsep laporan praktek kerja industri
7.      Mengetik laporan praktek kerja industri
8.      Mengevaluasi laporanpraktek kerja industri yang telah dibuat

H.    Manfaat yang dirasakan
·         Bagi Perusahaan/ Instansi
Ø  Perusahaan mendapat tenaga tambahan.
Ø   Perusahaan Industri atau Jasa dapat memanfaatkan pengetahuan serta  ketrampilan siswa.
Ø  Perusahaan dapat meningkatkan Efisiensi, Produktivitas.

·         Bagi Siswa
Ø  Dapat mengerti lingkungan kerja secara nyata.
Ø  Mendapatkan kesempatan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
Ø  Mendapatkan ilmu yang baru berdasarkan aktivitas perusahaan.
Ø  Memperoleh pengalaman tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya,sehingga     siswa nantinya akan memiliki profesionalitas yang tinggi dalam bekerja.

I.       KEWAJIBAN
Agar pelaksanaan praktek tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal, maka masing–masing pihak mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu :
·         Siswa
Ø  Mematuhi peraturan dan prosedur yang ditetapkan Instansi, serta peraturan sekolah yangbersangkutan. Mempersiapkan diri dengan materi kerja.
Ø  Menjaga nama baik sekolah.
Ø  Menjaga nama baik Instansi tempat PRAKERIN.
Ø  Menyusun laporan praktek kerja.

·         Sekolah
Ø  Memberikan penjelasan umum mengenai cara pelaksanakan Praktek Kerja.
Ø  Membekali siswa dengan pengetahuan penulisan laporan kerja.

·         Instansi/Perusahaan
Ø  Menunjuk seorang Staff/ Pegawai yang akan ditugasi sebagai pembimbing.
Ø  Menunjukkan tempat/ Unit divisi dalam Instansi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan praktek kerja.
Ø  Menunjuk jenis pekerjaan yang harus dilakukan siswa.

BAB II

PEMBAHASAN


A.     Deskripsi Kegiatan

Di Dinas Kesehatan ( DINKES ) Kabupaten Pemalang terdapat beberapa bagian atau bidang yang mempunyai tugas sendiri-sendiri dimana maasing bidang mempunyai tanggung jawab yang berbeda – beda dalam tugasnya, Bidang-bidang yang terdapat di Dinkes Kabupaten Pemalang diantaranya adalah:

1.      Bidang Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan administrasi ,koordinasi,, perencanaan monitoring dan evaluasi , pembinaan administrasi .rumah tangga, ketertiban , keamanan  , Mengelola urusan surat menyurat, kearsipan, keprotokolan, penyelenggaraan rapat dan perjalanan dinas.
·         Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
v  Memiliki tugas melaksanakan tugas surat menyurat dan pengetikan
v  Melaksanakan penggadaan barang dan jasa.
v  Menyelenggarakan administrasi kepegawaian , meliputi pengumpulan data kepegawaian pembuatan buku induk dan mutasi kepegawaian.

·         Sub Bagian Keuangan 
v  Mengumpulkan dan mengolah bahan untuk penyusunan anggaran keuangan.
v  Menyiapkan anggaran belanja langsung dan belanja tidak langsung.
v  Menyelenggarakan tata usaha keuangan.
v  Menyiapkan bahan laporan pertanggung jawaban  keuangan..
v  Menyelenggarakan urusan tata usaha perjalanan dinas.
v  Menyelenggarakan tata usaha gaji pegawai.
v  Melaksanakan evaluasi anggaran.

·         Sub Bagian Perencanaan, evaluasi dan pelaporan
v  Merencanakan pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan.
v  Mengkoordinasikan penyusunan program kegiatan.
v  Melaksanakan monitoring.

2.      Bidang Pelayanan Kesehatan
Mempunyai tugas menyusun rencana, mengkoordinasikan melaksanakan pembinaan dan pengawasan dan pengembangan serta evaluasi pelayanan kesehatan, akreditasi reistrasi dan sertifikasi usaha-usaha di bidang kesehatan serta promosi kesehatan.
Di bidang pelayanan kesehatan terdapat beberapa sub bagian antara lain
·         Seksi Kesehatan Dasar Khusus dan Rujukan
v  Mengumpulkan , menganalisa dan mengevaluasi data tentang upaya pelayanan kesehatan dasar , khusus dan rujukan.
v    Mengkoordinasikan pelaksanaan pelayanan kesehatan di daerah perbatasan, terpencil, rawan bencana, dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

·         Seksi Akreditasi Registrasi dan Sertifikasi
v  Mengumpulkan , menganalisa dan mengevaluasi data tentang upaya pelayanan kesehatan swasta.
v   Melaksanakan proses akreditasi , regristrasi , sertifikasi dan perijinan bidang kesehatan.   

·         Seksi Farmasi Makanan Minuman dan Perbekalan Kesehatan
v  Menyiapkan perencanaan dan penyediaan kebutuhan obat pelayanan kesehatan dasar , alat kesehatan dan regenesia.
v   Melaksanakan pembinaan dan pemantauan terhadap produsen dan tempat pengelolaan makanan minuman.

3.      Bidang Kesehatan Keluarga dan Gizi

Bidang Kesehatan Keluarga Dan Gizi mempunyai tugas menyusun, melaksanakan, melaksanakan dan membina peningkatan program kesehatan ibu , bayi, balita, anak dan remaja, kesehatan reproduksi, upaya perbaikkan gizi, dan peningkatan usia lanjut.
Di Bidang Kesehatan Keluarga Dan Gizi terdapat beberapa sub bagian antara lain:
·         Seksi Kesehatan Anak  dan Usia Lanjut
v  Mengumpulkan, menganalisa dan mengevaluasi data tentang kegiatan pelayanan kesehatan usia sekolah, remaja, dan usia lanjut.

·         Seksi Kesehatan Ibu , Balita dan Kesehatan Reproduksi
·         Seksi Gizi

4.      Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan
          Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mempunyai tugas merencanakan mengkoordinasi, melaksanakan pemantauan dan mengevaluasi kegiatan pencegahan, pengamatan, pengendalian dan pemberantasan penyakit serta penyehatan lingkungan.
Di Bidang Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan terdapat beberapa sub bagian antara lain :
·         Seksi Pemberantasan Penyakit
·         Seksi Pencegahan dan Pengamatan Penyakit
·         Seksi Penyehatan Lingkungan




5.    Jadwal Jam Kerja
Hari
Apel
Jam Masuk
Jam Istirahat
Jam Pulang
Minggu
07.30
Libur
Libur
Libur
Senin
07.30
08.00 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB
Selasa
07.30
08.00 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB
Rabu
07.30
08.00 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB
Kamis
07.30
08.00 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB
Jum’at
07.30
08.30 WIB
-
11.00 WIB
Sabtu
Libur
Libur
Libur
Libur













BAB III

PENUTUP


A.     Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh dari PRAKERIN (Praktek Kerja Industri ) antara lain :
1.      Komunikasi dapat terjalin dengan baik antar bagian organisasi di Kantor Dinas Kesehatan Magetan dengan siswi yang prekerin di sana.
2.      Selama melakukan praktek kerja industry (PRAKERIN) kami menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas
3.      Berinteraksi atau menggeluti dunia usaha tidak mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang melakukan hubungan kerja dengan Relasinya dapat menjalin hubungan kerja dengan baik dan harmonis.

B.     Saran

Kami menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. Adapun saran tersebut antara lain :
1.      Dengan adanya program kerja praktek ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK PGRI 2 TAMAN dengan perusahaan atau instansi tempat pelaksanaan praktek kerja industri.
2.      Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
3.      Bagi pegawai, dapat memperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan pada perusahaan, agar siswa yang melaksanakan Kerja Praktek dapat memahaminya.
4.      Kedisiplinan kerja pegawai lebih ditingkatkan lagi untuk menghasilkan produktivitas kerja yang baik.
5.      Penyimpanan arsip lebih diperhatikan, karena arsip merupakan salah satu data yang sangat penting.
6.      Tiap jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek.

No comments:

Post a Comment